Friday, April 3, 2009

Tanda-Tanda Hidup Bahagia

Keramahtamahan

Keramahtamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih.

Kerendahan hati

Kerendahan hati menuntun pada kekuatan bukan kelemahan. Mengakui kesalahan dan melakukan perubahan atas kesalahan adalah bentuk tertinggi dari penghormatan pada diri sendiri.

Mendengarkan hati

Seorang pemuda merantau dan berhasil dalam berkarya. Lalu dia ingin segera menikah dan mulailah dia menjalin hubungan dengan seorang wanita yang menurut dia bisa memberikan kemakmuran, tetapi setelah seminggu mereka menjalin hubungan akhirnya mereka harus merelakan bahwa mereka tidak cocok. Lalu sang pemuda kembali lagi mencari wanita yang bisa memberikan kemapanan dan dia mencoba untuk menjalin hubungan dengan wanita itu. Sebulan setelah mereka menjalin hubungan, akhirnya harus kandas juga. Tetapi sang pemuda bukan orang yang mudah menyerah. Mencoba lagi dan mencoba yang lain lagi...tetapi hasilnya tetap saja sama. Dan dia memutuskan untuk tidak menikah saja karena merasa ragu dengan yang namanya hubungan.

Suatu ketika dia bertemu dengan seorang sahabat lamanya yang sangat dia kenal. Lalu dia menceritakan kegundahan itu kepada temannya. Temannya hanya tersenyum lembut dan berkata "Dengarkan hatimu, saat ini siapa yang ada di dalam hatimu? Dan apakah kamu juga percaya bahwa dia juga sayang padamu? Dan menikahlah dengan dia. Karena sebuah hubungan itu bukan berurusan dengan harta, kekayaan, kekuasaan, tetapi menjalin ikatan itu berhubungan dengan hati dimana kita benar-benar sayang padanya, benar-benar nyaman berada disampingnya, benar-benar tulus untuk mendampingi dia sampai sisa waktu yang ditentukan." Pemuda itu diam dan menunduk... dan temannya berkata lagi pada pemuda itu "jika kamu menginginkan sebuah kemakmuran, carilah orang yang bisa dianggap bisa mendatangkan kemakmuran dan bekerjasamalah dengan dia, dan jika kamu menginginkan kemapanan carilah orang yang bisa mendatangkan kemapanan itu dan belajarlah dari dia dan bukan untuk menjalin ikatan batin dengan mereka".

Kelembutan Hati


Tak ada musuh yang dapat ditaklukkan oleh cinta

Tak ada penyakit yang tak dapat disembuhkan oleh kasih sayang

Tak ada permusuhan yang tak dapat dimaafkan oleh ketulusan

Tak ada kesulitan yang dapat dipecahkan oleh ketekunan

Tak ada batu keras yang tak dapat dipecahkan oleh kesabaran

Semua itu haruslah berasal dari hati anda.

Bicaralah dengan bahasa hati, maka akan sampai ke hati pula.

Kesuksesan bukan semata-mata betapa keras otot dan betapa tajam otak anda, namun juga betapa lembut hati anda dalam menjalani segala sesuatunya.

Anda tak kan dapat menghentikan tangis seorang bayi hanya dengan merengkuhnya dalam lengan yang kuat. Atau membujuknya dengan berbagai gula-gula dan kata-kata manis. Anda harus mendekapnya hingga ia merasakan detak jantung yang tenang jauh di dalam dada anda.

Mulailah dengan kelembutan hati sebelum memberikannya pada keberhasilan anda.

No comments:

Post a Comment